5 Hal yang Harus Jadi Resolusi Keuangan Lebaran Anda

Lebaran sangat erat kaitannya dengan kembali ke fitrah yang mempunyai pengertian kembali ke akidah yang lurus. Layaknya mengawali awal yang baru, bawalah harapan-harapan baru yang membikin Kamu menjadi lebih baik dari sebelumnya, tergolong urusan keuangan. Seusai lebaran, kondisi keuangan sebaiknya menjadi lebih kuat dan sehat. Apabila belum, maka Kamu butuh meperbuat resolusi dan membikin taktik keuangan baru.

Mempunyai keuangan yang sehat dan kuat itu gampang-gampang sulit, semua tergantung dari taktik dan implementasinya. Bagi Kamu yang tetap mempertimbangkan apa saja yang sebaiknya diperbaiki dan ditulis dalam daftar resolusi keuangan lebaran hari ini, berikut trik praktis yang bisa Kamu segera perbuat. 

1. Mempunyai Rencana Keuangan


Apa yang ingin Kamu raih seusai Lebaran tahun ini? Apakah Kamu ingin menikah, membeli rumah, mempunyai kendaraan pribadi, liburan ke luar negeri, alias mungkin menantikan buah hati Kamu lahir? Apapun yang ingin Kamu bisakan, sebaiknya Kamu membikin suatu  rencana keuangan tertulis, lengkap dengan dana yang diperlukan untuk memenuhinya, dan sasaran waktu perencanaannya. Perhatikan juga deflasi yang bakal terjadi di masa mendatang dalam membikin rencana keuangan tersebut. Sisihkan dana tambahan juga untuk menolong merealisasikan rencana di tahun-tahun selanjutnya.

2. Hilangkan Utang


Telah saatnya Kamu menghilangkan kebiasaan berutang dan melepas segala utang yang ditagihkan pada Anda. Apalagi bagi Kamu yang mempunyai utang yang sifatnya konsumtif seperti utang kredit. Apabila Kamu mempunyai utang seperti itu, ada baiknya Kamu memasukkan faktor tersebut ke dalam daftar resolusi hari ini. Buat faktor tersebut menjadi prioritas juga dalam rencana keuangan Anda.

3. Anggarkan Dana Darurat


Di peluang-peluang sebelumnya, di saat Kamu wajib menghadapi suatu  persoalan yang sifatnya sangat mendesak, dan ketika itu Kamu tak mempunyai dana "nganggur" yang bisa Kamu gunakan, tentu membikin Kamu kesal. Untuk itu Kamu sebaiknya menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan seperti itu. Tak sedikitnya dana untuk anggaran ini biasanya dihitung berdasarkan pengeluaran bulanan. Biasanya jumlah yang disimpan merupakan setidak sedikit 3-6 anggaran pengeluaran bulanan. Kamu bisa menyisihkan penghasilan Kamu 10% tiap bulannya, dan seusai terkumpul setidak sedikit 1-2 bulan pengeluaran, Kamu bisa menurunkan angka tersebut menjadi 5%, dan 5% lagi bisa Kamu gunakan untuk meperbuat investasi.



4. Mempunyai Asuransi


Jatuh sakit dan meninggal merupakan momen yang tak bisa dihindari. Tak ada yang mengenal juga kapan dan bagaimana terjadinya resiko seperti itu. Apabila disikapi dengan cara realistis, kejadian tersebut mempunyai imbas tak hanya pada diri sendiri, namun orang lain seperti orang tua, kawan dekat, alias saudara yang lainnya juga bakal memperoleh konsekuensinya. Terlebih lagi apabila yang ditinggalkan merupakan seorang tulang punggung keluarga dan mempunyai tanggungan yang tak sedikit. Untuk memperkecil akibat dari terjadinya kejadian seperti itu, ada baiknya apabila Kamu mempunyai suatu  asuransi yang melindungi diri Anda.



5. Meperbuat Investasi

Investasi tak wajib dimulai dengan sesuatu dengan jumlah dan kualitas yang besar. Kamu bisa mulai menumbuhkan rasa kepercayaan diri Kamu dalam berinvestasi dengan mengawalinya dari sesuatu yang kecil. Mulai dengan memilih investasi yang telah terjamin dan mempunyai kemampuan yang baik selagi lima sampai sepuluh tahun terbaru. Beli dalam jumlah yang kecil namun usahakan untuk konsisten. Kamu juga bisa berkonsultasi dalam memilih investasi yang baik apabila terbukti Kamu butuh bantuan.



6. Meningkatkan Pendapatan 

Salah satu resolusi keuangan yang satu ini bisa menjadi resolusi yang patut dipertimbangkan. Apabila selagi ini pendapatan Kamu merasa tak lebih tercukupi, sementara jumlah pengeluaran yang wajib dibayarkan terus tak sedikit, maka seusai lebaran bakal menjadi saat yang cocok untuk memikirkan mencari pekerjaan tambahan yang sesuai dengan kemampuan dan waktu Anda.

Sekarang ini ada tak sedikit taktik untuk mencari penghasilan tambahan, umpama berjualan online, bisnis dropship, bergabung menjadi driver gojek alias grab, alias menjadi freelancer yang sesuai dengan kemampuan dan waktu Anda. Usahakan apapun pekerjaan tambahan yang Kamu pilih, usahakan pekerjaan tersebut tak mengganggu pekerjaan mutlak Anda. Kuncinya merupakan pintar membagi waktu supaya hasil yang didapat juga memuaskan. 

Berbagi Komitmen Pada Resolusi Anda

Resolusi keuangan dalam rangka Lebaran hari ini wajib disusun supaya kondisi keuangan Kamu menjadi lebih baik lagi. Saatnya untuk berkomitmen pada resolusi yang Kamu buat dan raih semua yang bisa bisa Kamu capai dari resolusi yang telah disebutkan di atas. Kamu bisa mengevaluasi daftar resolusi Kamu setiap tiga sampai enam bulan sekali.

Tidak ada salahnya bagi Kamu untuk bercita-cita supaya bisa mempunyai tak sedikit uang dan bisa melunasi semua utang, bayar cicilan, mempunyai asuransi dan investasi, berangkat berlibur dan juga beberapa keinginan lainnya. Semua faktor tersebut membutuhkan uang untuk memenuhinya dan semoga ulasan kita bisa menolong Kamu lebih baik lagi dalam faktor finansial.

0 Response to 5 Hal yang Harus Jadi Resolusi Keuangan Lebaran Anda

Post a Comment