Tips Atur Keuangan Agar Tak Boros Saat Lebaran

Mom, saat lebaran tiba pasti tidak sedikit pengeluaran tidak terduga, semacam membelikan anak baju baru, membeli kue lebaran, anggaran mudik, uang saku untuk sanak saudara, sampai membeli oleh-oleh bagi keluarga. Mesikipun kami mendapat Tunjangan Hari Raya (THR), sebaiknya jangan terlena, karena apabila salah perhitungan dapat-bisa anggaran lebaran menguras tabungan.  

Nah tidak mau ambil risiko tersebut, CFP Financial Planner, Mitra Rencana Edukasi, Sari Insaniwati menyarankan untuk memilah serta memilih kebutuhan serta memberi anggaran apa saja yang ingin dibeli. "Lebaran telah pasti datang setiap tahunnya. Sehingga kami wajib bersiap-siap menghadapi pengeluaran di hari penting tersebut. Semacam untuk kebutuhan sehari-hari masih pakai uang gaji alias pendapatan bulanan. Sedangkan untuk kebutuhan mudik, baju baru, thr para pekerja, serta lainnya diambil dari jatah bonus alias THR kita," ucap Sari saat dihubungi tim Vemale.com.

Nah untuk yang tidak mempunyai penghasilan masih alias berwirausaha, Sari menyarankan supaya membikin anggaran khusus untuk lebaran.  Triknya lumayan sederhana Ladies. Yang butuh kalian perbuat merupakan dengan tutorial menyisihkan anggaran setiap bulan untuk kebutuhan berlebaran.

Mom jangan langsung habiskan THR mu, karena THR juga dapat menjadi investasi lho. Sari membahas sebaiknya sisihkan 10 persen di awal untuk menabung alias investasi.

"Investasi tergantung tujuan keuangannya serta profil risiko. Misal untuk rencana jangka singkat tepat di deposito alias reksadana pasar uang. Jangka menengah dapat obligasi, RD pendapatan tetap. Jangka panjang : emas, RD saham, saham," tutupnya.

Nah, semoga info ini berguna serta menolongmu untuk lebih berhemat ya.

0 Response to Tips Atur Keuangan Agar Tak Boros Saat Lebaran

Post a Comment