Ketahui, Seberapa Pentingkah Manajemen Keuangan?

Manajemen keuangan dikategorikan sebagai salah satu ilmu di dalam bidang manajemen yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan, pemeriksaan, pengendalian, pengelolaan, dan penyimpanan dana yang diperbuat individu, organisasi, ataupun perusahaan.

Bila sebelumnya manajemen keuangan hanya berkutat pada pemakaian dan pengalokasian dana dengan cara efisien, seiring dengan berlangsungnya waktu, manajemen keuangan juga mencakup kegiatan-kegiatan lainnya, semacam tutorial memperoleh dana, pemakaian dana, dan pengelolaan aset (aktiva).

Di bawah ini dijelaskan lebih lanjut tentang pentingnya manajemen keuangan yang bisa dilihat dari definisi, kegunaaan, sampai tujuan dari manajemen keuangan.

Setiap pakar punya definisi sendiri-sendiri tentang manajemen keuangan. Berikut ini adalah sejumlah definisi tentang manajemen keuangan menurut para ahli.

“Manajemen keuangan berkaitan dengan perolehan, pendanaan, dan manajemen aset dengan didasari beberapa tujuan umum.” Definisi ini disampaikan James C. Van Horne dan John M. Wachowicz, Jr. dalam buku Fundamentals of Financial Management.

“Manajemen keuangan adalah keseluruhan aktivitas yang bersangkutan dengan usaha untuk memperoleh dana dan memakai alias mengalokasikan dana tersebut.” Bambang Riyanto menuliskan definisi tersebut dalam buku Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan.

“Manajemen keuangan adalah pengaturan kegiatan keuangan.” Arti tersebut disampaikan Suad Husnan dalam buku Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.

“Manajemen keuangan adalah bidang manajemen bisnis yang mempunyai tujuan untuk dipakai dengan cara bijak dan seleksi yang saksama dari sumber-sumber modal untuk memungkinkan adanya unit pengeluaran untuk bisa bergerak ke luar mencapai tujuan.” J.F. Bradley mengemukakan pandangannya tersebut dalam buku Administrative Financial Management.

Secara umum bisa ditarik kesimpulan manajemen keuangan adalah kegiatan-kegiatan perusahaan ataupun organisasi yang berkaitan dengan tutorial untuk memperoleh pendanaan modal kerja, memakai dana tersebut dengan manjur, dan mengelola aset-aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut.

Apa Kegunaaan dari Manajemen Keuangan?

Dalam perusahaan alias organisasi, manajemen keuangan mempunyai sejumlah kegunaaan, yaitu:

Manajemen keuangan bisa dipakai untuk menyusun rencana pemasukan dan pengeluaran dan aktivitas-aktivitas lainnya yang berkaitan dalam sebuahperiode tertentu.
Membikin penganggaran dana dengan cara detail, baik dibagian pemasukan maupun pengeluaran.
Manajemen keuangan juga berkegunaaan sebagai pengelolaan keuangan. Dengan begitu, pemakaian dana bisa berlangsung maksimal dengan beberapa tutorial yang ada.
Penyimpanan keuangan, yaitu dengan mengumpulkan dana-dana perusahaan dan menyimpannya dengan cara aman.
Dengan adanya manajemen keuangan, perusahaan bisa mencari dan mengeksploitasi sumber-sumber dana yang ada untuk kegiatan operasional perusahaan.
Pengendalian keuangan dengan tutorial meperbuat evaluasi dan pembetulan atas kondisi keuangan perusahaan dan sistem keuangan yang ada di dalam perusahaan tersebut.
Sebagai pemeriksaan keuangan, dengan meperbuat audit dengan cara internal tentang keuangan perusahaan. Dengan begitu, tak ada penyimpangan dan penyalahgunaan dana di dalam perusahaan.
Manajemen keuangan juga berkegunaaan untuk menyediakan info tentang kondisi keuangan perusahaan. Manajemen keuangan bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi dan pembetulan.

Tujuan dari adanya manajemen keuangan adalah untuk memaksimalkan kualitas perusahaan. Bila sebuahsaat perusahaan tersebut bakal dipasarkan, kualitasnya bisa ditetapkan dengan tinggi mungkin. Telah adalah tugas dari manajer untuk menekan arus peredaran uang di dalam perusahaan supaya terhindar dari risiko-risiko yang bisa saja memenyesalkan perusahaan.

Ruang lingkup dari manajemen keuangan meliputi:

Keputusan pendanaan, yang meliputi kebijakan manajemen pada saat mencari dana perusahaan.
Keputusan investasi, biasanya adalah kebijakan penanaman modal perusahaan untuk aktiva tetap. Umpama, gedung, alat-alat, tanah, dan lainnya. Alias bisa berupa aktiva finansial dalam bentuk surat-surat berharga semisal saham dan surat obligasi.
Keputusan pengelolaan aset, adalah kebijakan untuk mengelola aset yang dimiliki perusahaan tersebut seefisien mungkin untuk mencapai tujuan mutlak perusahaan tersebut.
Manajemen Keuangan Adalah Keperluan

Keberadaan manajemen keuangan adalah faktor yang penting dalam perusahaan. Sebab itu, manajemen keuangan dibutuhkan setiap perusahaan, apa pun bidang aktivitasnya. Dengan adanya manajemen, perusahaan bisa memaksimalkan bisnisnya jadi memperoleh keuntungan yang maksimal pula.

0 Response to Ketahui, Seberapa Pentingkah Manajemen Keuangan?

Post a Comment