5 Cara Sehatkan Kembali Keuangan Anda Sehabis Lebaran

Lebaran telah usai. Tetapi tak sedikit faktor yang Kamu terpaksa wajib pikirkan seusai kembalinya Kamu dari kampung halaman, salah satunya anggaran nasib bulanan pasca lebaran. Alih-alih ingin menikmati Lebaran dengan uang THR yang Kamu miliki, tapi Kamu lupa menyisihkan uang untuk anggaran kebutuhan pasca Lebaran. Harapannya, faktor semacam ini tak bakal terjadi, tetapi apabila telah terlanjut terjadi, Kamu tak butuh berkecewa hati, ada tutorial untuk menyehatkan kembali keuangan Kamu usai Lebaran.

Berikut trik keuangan praktis yang bisa Kamu perbuat pasca Lebaran :

1. Periksa Kembali Keuangan Anda

Sama semacam badan ketika sakit, Kamu wajib terlebih dahulu mengecekkan kondisi badan untuk tahu badan tahap mana saja yang wajib Kamu obati. Begitu juga dengan keuangan Kamu yang sakit pasca Lebaran. Periksalah kembali pengeluaran-pengeluaran apa saja yang bisa Kamu batasi. Pisahkan antara kebutuhan menurut waktu pemenuhannya, antara kebutuhan yang mendesak dengan kebutuhan yang bisa Kamu tunda. Buatlah daftar dan catat apa saja yang bisa diperbuat untuk menyehatkan kembali keuangan Anda. 

2. Menyusun Kembali Anggaran

Menyusun kembali anggaran pengeluaran Anda, merupakan salah satu tutorial yang bisa Kamu perbuat untuk menyehatkan kembali keuangan pasca Lebaran. Kamu bisa mengawalinya dengan meperbuat satu hal, yaitu membatasi pengeluaran bulanan Kamu tidak hanya sandang dan pangan. Misalkan Kamu biasa mengeluarkan uang sebesar Rp300.000 setiap bulannya untuk internet, Kamu bisa men-stop alias mengurangi anggaran menjadi Rp100.000 per bulan, lalu sisa dana dari anggaran tersebut bisa Kamu gunakan unuk kebutuhan sehari-hari, semacam uang makan alias transportasi bekerja.

3. Batasi Pengeluaran Harian

Apabila Kamu lebih tak jarang makan siang di luar kantor, cobalah untuk mulai mengangkat makanan dari rumah. Bangunlah lebih awal supaya Kamu pernah membikin sarapan dan makan siang yang bakal Kamu bawa ke Kantor. Faktor ini pasti saja bisa membantu Kamu menyehatkan kembali keuangan Kamu pasca Lebaran. Alias apabila Kamu memakai mobil, untuk sementara ini cobalah untuk naik kendaraan umum, untuk menekan anggaran BBM yang wajib Kamu keluarkan. Tutorial ini tak hanya menghemat pengeluaran Anda, tetapi bisa menjaga pola makan Kamu untuk masih makan makanan sehat yang Kamu buat dari rumah.



4. Tetapkan Anggaran Harian

Tetapkan berapa anggaran yang Kamu boleh keluarkan. Misalkan, setiap harinya Kamu menetapkan Rp60 ribu untuk kebutuhan belanja. Konsistenlah mengeluarkan uang dalam jumlah yang sama setiap hari. Apabila Kamu terbiasa mengambil uang dalam jumlah besar, segera pisahkan uang yang bakal Kamu gunakan. Ingat jangan bawa uang lebih tak sedikit dari yang Kamu butuhkan, biasakan diri Kamu memakai uang secukupnya. Jangan sesekali tergoda untuk melanggarnya yah. 



5. Tunda Belanja Barang yang Tak Kamu Butuhkan


Untuk sementara waktu, tundalah belanja barang-barang yang tak Kamu butuhkan. Dalam situasi krisis pasca Lebaran semacam ini, menahan diri dari godaan belanja barang-barang yang Kamu suka tetapi tak terlalu Kamu butuhkan benar-benar disarankan. Bersabarlah hingga keuangan Kamu kembali normal semacam sedia kala.



Disiplin!

Kunci dari semuanya merupakan disiplin. Tak mudah terbukti menjalani kenasiban sehari-hari dengan dana terbatas. Tetapi Ingatlah tujuan Kamu meperbuat ini, supaya keuangan Kamu kembali sehat bukan?

Jadi, bersabarlah untuk sementara waktu. Lewati masa perbaikan ini dengan displin. Perbuat pengecekan selalu kepada keuangan Anda. Ingatlah setiap orang yang ingin cepat pulih dari sakit, wajib disiplin dan mentaati segala anjuran yang diberbagi dokter padanya. Terus Kamu disiplin dalam memakai uang Anda, bakal terus cepat pula Kamu pulih dari masa krisis pasca Lebaran ini. Semoga trik diatas bisa menanggulangi kesusahan kawan cermat dalam memulihkan keuangan Kamu pasca Lebaran. Ingat, pergunakan uang Kamu dengan bijak, dan cermatlah menonton segala yang benar-benar Kamu butuhkan, sebab Cermat itu bakal membikin Kamu lebih Happy! 

0 Response to 5 Cara Sehatkan Kembali Keuangan Anda Sehabis Lebaran

Post a Comment